Cara Menghafal Al-Quran

Cara Menghafal Al-Quran

Pertanyaan:

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Bagaimana cara menghafal al-qur’an mudah di ingat?

جَزَاك اللهُ خَيْرًا

Dari Rien Siska di Palembang Anggota Grup WA Bimbingan Islam no-2)

JAWAB:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Cara menghafal Al Qur’an antara satu orang dengan orang lain biasanya berbeda, sesuai dengan kekuatan memori, penguasaannya akan bahasa Arab, faktor usia, kesibukan, dan lain-lain. Namun pada dasarnya, prinsip utama menghafal ialah dengan banyak mengulang-ulang ayat yang akan dihafal.
Agar ayat tsb lebih mudah diingat, berikut ini tipsnya:
Usahakan menghafal selepas shalat subuh atau ketika bangun malam, sebelum kesibukan harian dimulai. Karena kondisi yang hening lebih membantu untuk meresapi ayat yang akan dihafal.
Hafalkan sedikit demi sedikit, walau satu ayat per hari. Bahkan jika satu ayat masih kepanjangan, maka sebagian ayat.
Sembari menghafal, bacalah tafsir ayat tersebut atau minimal terjemahnya. Sebab dengan memahami apa yang dihafal, menghafal jadi lebih mudah dan kuat melekat.
Setelah mengetahui makna ayat, usahakan dapat membayangkan makna tersebut dalam khayalan anda. Dengan begitu, anda tidak hanya menggunakan indera pendengaran, namun juga khayalan. Dan biasanya sesuatu yang ada gambarnya (walaupun dalam khayalan), akan lebih mudah kita ingat daripada sekedar tulisan yg kita baca atau suara yang kita dengar.
Mintalah kepada Allah agar memudahkan anda untuk menghafal Al Qur’an dan rajin membacanya (murajaah), karena tanpa taufik dari Allah niscaya semua tips tadi tidak akan bermanfaat.
Wallaahu a’lam.

Konsultasi Bimbingan Islam
Dijawab oleh Ustadz Dr. Sufyan Baswedan Lc MA

CATEGORIES
Share This

COMMENTS