Aqidah

Apakah Hidayah Allah Ta’ala Merupakan Takdirnya?

Apakah Hidayah Allah Ta’ala Merupakan Takdirnya?

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan pembahasan apakah hidayah Allah ta’ala merupakan takdirnya? Selamat membaca.


Pertanyaan:

Ustadz apakah hidayah dari Allah itu merupakan hal takdir atau bukan?

(Ditanyakan oleh Santri Akademi Shalihah)


Jawaban:

Hidayah Itu Adalah Takdir Dari Allah Ta’ala

Taufik dan hidayah itu berada di tangan Allah ‘Azza wa Jalla, barang siapa yang Allah kehendaki untuk diberikan hidayah maka Dia akan memberikannya, dan barang siapa yang Dia kehendaki untuk menjadi sesat, maka akan berada di dalam kesesatan, Allah Ta’ala berfirman:

ذَلِكَ هُدَى اللَّهِ يَهْدِي بِهِ مَنْ يَشَاءُ وَمَنْ يُضْلِلِ اللَّهُ فَمَا لَهُ مِنْ هَادٍ

Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, maka tidak ada seorangpun pemberi petunjuk baginya”. (QS. Az Zumar: 23)

Allah Ta’ala juga berfirman:

Baca Juga:  Apakah Benar Bahwa Petir Menyambar Setan?

مَنْ يَشَأِ اللَّهُ يُضْلِلْهُ وَمَنْ يَشَأْ يَجْعَلْهُ عَلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

Dan barangsiapa yang dikehendaki Allah (untuk diberi-Nya petunjuk), niscaya Dia menjadikannya berada di atas jalan yang lurus”. (QS. Al-An’am: 59)

Dia juga berfirman:

مَنْ يَهْدِ اللَّهُ فَهُوَ الْمُهْتَدِي وَمَنْ يُضْلِلْ فَأُولَئِكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ

Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka dialah yang mendapat petunjuk; dan barangsiapa yang disesatkan Allah, maka merekalah orang-orang yang merugi”. (QS. Al-A’raf: 178)

Bagi seorang muslim, dia harus selalu ingat bahwa Allah Yang Menakdirkan semuanya juga memerintahkannya untuk menjemput hidayah, bukan hanya duduk berpangku tangan. Oleh karena itu, hamba itu berdoa di dalam shalatnya:

اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ

Tunjukilah kami jalan yang lurus”. (QS. Al-Fatihah: 6)

Karena dia mengetahui bahwa hidayah itu berada di tangan Allah Ta’ala, dan bersamaan dengan itu, maka seorang hamba diminta untuk menjemput sebab-sebab hidayah, diminta untuk bersabar, teguh dan memulai dengan jalan istiqomah, maka Allah telah memberinya akal yang jernih, keinginan yang bebas, dengan itu ia akan memilih yang baik dari yang buruk, memilih petunjuk dari pada kesesatan, maka jika ia telah melaksanakan sebab-sebab yang sebenarnya, dan ia berusaha agar Allah senantiasa memberinya hidayah yang sempurna, niscaya taufik juga akan datang dari Allah Ta’ala.

Allah Ta’ala berfirman:

وَكَذَلِكَ فَتَنَّا بَعْضَهُمْ بِبَعْضٍ لِيَقُولُوا أَهَؤُلَاءِ مَنَّ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنْ بَيْنِنَا أَلَيْسَ اللَّهُ بِأَعْلَمَ بِالشَّاكِرِينَ

Dan demikianlah telah Kami uji sebagian mereka (orang-orang yang kaya) dengan sebagian mereka (orang-orang miskin), supaya (orang-orang yang kaya itu) berkata: “Orang-orang semacam inikah di antara kita yang diberi anugerah oleh Allah kepada mereka?” (Allah berfirman): “Tidakkah Allah lebih mengetahui tentang orang-orang yang bersyukur (kepada-Nya)?”. (QS. Al-An’am: 153).

Maka, hidayah itu dari Allah ta’ala, Dia akan memberian hidayah kepada mereka yang berhak mendapatkan hidayah, dan menyesatkan mereka yang tidak berhak mendapat hidayah sebab ulah dan perbuatan mereka sendiri.

Wallahu Ta’ala A’lam.

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Fadly Gugul S.Ag.
حفظه الله
Jumat, 20 Safar 1443 H/ 16  September 2022 M


Ustadz Fadly Gugul S.Ag. حفظه الله
Beliau adalah Alumni STDI Imam Syafi’i Jember (ilmu hadits), Dewan konsultasi Bimbingan Islam

Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Fadly Gugul حفظه الله تعالى klik disini

Ustadz Fadly Gugul, S.Ag

Beliau adalah Alumni S1 STDI Imam Syafi’I Jember Ilmu Hadits 2012 – 2016 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Takhosus Ilmi di PP Al-Furqon Gresik Jawa Timur | Beliau juga pernah mengikuti Pengabdian santri selama satu tahun di kantor utama ICBB Yogyakarta (sebagai guru praktek tingkat SMP & SMA) | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Dakwah masyarakat (kajian kitab), Kajian tematik offline & Khotib Jum’at

Related Articles

Back to top button