Nikah

Apakah Harus Saling Maaf dengan Mantan?

Apakah Harus Saling Maaf dengan Mantan?

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan tanya jawab apakah harus saling maaf dengan mantan? Selamat membaca.


Pertanyaan:

Assalamualaikum wr.wb.

Mau tanya ustadz. Cara bertaubat dari pacaran, apakah harus saling maaf dengan wanita itu ustadz. Terima kasih.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh

(Ditanyakan oleh Sahabat BIAS via Instagram Bimbingan Islam)


Jawaban:

Wa’alaikumusalam warahmatullah wabarakatuh

Tidak, namun segera menghentikan aktifitas pacaran baik langsung maupun melalui alat komunikasi, sosmed ataupun yang lainnya. Dan dijelaskan bahwa hal tersebut merupakan kemaksiatan yang dilarang oleh agama.

Kemudian memohon ampun kepada Allah ta’ala, menyesal dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi. Jika memang sulit untuk berpisah kami sarankan untuk segera menikahinya menghalalkannya dengan cara cara yang dibolehkan oleh syariat yaitu dengan jalur pernikahan. Allah ta’ala berfirman:

Baca Juga:  Suami Menjadi Mualaf, Apakah Harus Menikah Ulang?

وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا۟ فَٰحِشَةً أَوْ ظَلَمُوٓا۟ أَنفُسَهُمْ ذَكَرُوا۟ اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا۟ لِذُنُوبِهِمْ وَمَن يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا اللَّهُ وَلَمْ يُصِرُّوا۟ عَلَىٰ مَا فَعَلُوا۟ وَهُمْ يَعْلَمُونَ

“Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.” (QS. Ali Imran: 135).

Wallahu a’lam.


Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Abul Aswad Al-Bayati, BA. حفظه الله
Kamis, 21 Sya’ban 1443 H/24 Maret 2022 M

Ustadz Abul Aswad Al-Bayati, BA.
Dewan konsultasi Bimbingan Islam (BIAS), alumni MEDIU, dai asal klaten
Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Abul Aswad Al-Bayati حفظه الله klik di sini

Akademi Shalihah Menjadi Sebaik-baik Perhiasan Dunia Ads

Ustadz Abul Aswad Al Bayati, BA.

Beliau adalah Alumni S1 MEDIU Aqidah 2008 – 2012 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Dauroh Malang tahunan dari 2013 – sekarang, Dauroh Solo tahunan dari 2014 – sekarang | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Koordinator Relawan Brigas, Pengisi Kajian Islam Bahasa Berbahasa Jawa di Al Iman TV

Related Articles

Back to top button