NikahWanita

Apa Tujuan Nadzor/Melihat Calon Istri Sebelum Nikah?

Mahad Bimbingan Islam (BIAS) belajar Islam terstruktur

Apa Tujuan Nadzor/Melihat Calon Istri Sebelum Nikah?

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan apa tujuan nadzor/melihat calon istri sebelum nikah? Selamat membaca.


Pertanyaan:

Assalamu’alaikum Ustadz. Apakah nadzor hanya dilakukan untuk wanita yang memakai cadar? Apabila belum memakai cadar, apakah masih dianjurkan untuk nadzor?

(Ditanyakan oleh Santri Akademi Shalihah)


Jawaban:

Wa’alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Tidak demikian, anjurannya mutlak untuk wanita baik yang sudah memakai cadar ataukah belum/tidak. Karena di antara tujuan untuk nadzor/melihat calon istri adalah agar bisa mengetahui lebih dekat dan lebih detail.

Supaya calon suami menemukan hal-hal yang dengannya menjadikan alasan untuk menikahi calon istri tersebut. Walaupun perempuan calon istri tidak memakai cadar, namun jika calon suami belum pernah melihat sebelumnya, atau pernah melihat namun hanya sekilas saja belum secara seksama, maka ditakutkan ada hal-hal yang terlewatkan, atau ada hal yang bisa jadi kurang disenangi oleh calon suami.

Daftar Grup WA Bimbingan Islam Gratis

Yang mana hal tersebut tidak tampak kecuali ketika dilihat secara lebih dekat dan lebih khusus. Intinya nadzor itu adalah sarana supaya lebih mantap dan lebih sepakat dengan kondisi calon istri secara fisik dan juga perangainya, yang mana jika ini diketahui dengan baik akan lebih berpotensi memberikan kelanggengan pernikahan di antara keduanya.

Baca Juga:  Obat Penunda Haid Ketika Haji

Nabi sallallahu alaihi wa sallam bersabda:

انظُرْ إليها؛ فإنَّه أحرى أن يُؤدَمَ بينكما

Lihatlah dia; karena akan lebih melanggengkan hubungan kasih sayang anda berdua”. (HR. Tirmidzi dan dishahihkan oleh al Baani)

Demikian, wallahu a’lam bis showab

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Setiawan Tugiyono, M.H.I حفظه الله
Senin, 23 Safar 1444 H/ 19 September 2022 M


Ustadz Setiawan Tugiyono, M.H.I حفظه الله
Beliau adalah Alumnus S1
Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Jakarta dan S2 Hukum Islam di Universitas Muhammadiyah Surakarta
Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Setiawan Tugiyono, M.H.I حفظه الله klik di sini

Akademi Shalihah Menjadi Sebaik-baik Perhiasan Dunia Ads

Ustadz Setiawan Tugiyono, B.A., M.HI

Beliau adalah Alumni D2 Mahad Aly bin Abi Thalib Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Bahasa Arab 2010 - 2012 , S1 LIPIA Jakarta Syariah 2012 - 2017, S2 Universitas Muhammadiyah Surakarta Hukum Islam 2018 - 2020 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah, Dauroh Masyayikh Ummul Quro Mekkah di PP Riyadush-shalihin Banten, Daurah Syaikh Ali Hasan Al-Halaby, Syaikh Musa Alu Nasr, Syaikh Ziyad, Dauroh-dauroh lain dengan beberapa masyayikh yaman dll | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Belajar bersama dengan kawan-kawan di kampuz jalanan Bantul

Related Articles

Back to top button