26 Karya Tulis Tentang Biografi Imam Syafii

26 Karya Tulis Tentang Biografi Imam Syafii

26 Karya Tulis Tentang Biografi Imam Syafii

Kehidupan, keistimewaan, dan keilmuan imam Syafii mendapatkan perhatian yang cukup besar dari ulama setelahnya. Karya tulis yang berhubungan dengan biografi kehidupan beliau sangat banyak jumlahnya dan sangat sulit menghitungnya. Ada karya tulis yang sampai kepada kita dan ada yang tidak sampai. Karya tulis yang sampai pun tidak semuanya dicetak karena sebagiannya masih berupa manuskrip. Berikut ini adalah 26 judul karya tulis tentang fadilah dan biografi imam Syafii yang pernah ditulis oleh ulama terdahulu.

  1. Fadhail Asy-Syafii karya Daud bin ‘Ali Azh-Zhahiri Al-Ashfahani (w. 270 H)

Kitab ini tidak hanya menyebutkan pembahasan tentang imam Syafii. Penulis juga menjelaskan tentang ulama mazhab dan yang pernah berguru kepada imam Syafii. Metode ini banyak digunakan oleh ulama-ulama madzhab Syafii ketika menulis buku-buku biografi karena keberadaan murid dan pengikut adalah bukti keutamaan dan keistimewaan imam Syafii. Menuliskan biografi tentang murid dan ulama madzhab sama artinya dengan menuliskan biografi guru dan pendiri madzhab. Imam As-Subki menyebutkan di dalam kitab Thabaqat Asy-Syafi’iyyah Al-Kubra (1/185), Abu Ishak menyebutkan di dalam kitab Thabaqat Al-Fuqaha (2/284-285), dan Ibnu Hajar menyebutkan di dalam kitab Tawali At-Ta’sis (hal. 90) bahwa Daud Azh-Zhahiri memang memiliki kitab yang berjudul Fadhail Asy-Syafi’i.

  1. Fadhail Asy-Syafii wa Manaqibuhu karya Abu ‘Abdillah Muhammad bin Ibrahim Al-Busyanji Al-‘Abdi (w. 290 H)

Imam Al-Baihaqi pernah menyebutkan riwayat tentang fadilah dan perkataan imam Syafii yang bersambung sanadnya sampai kepada Al-Busyanji, langsung dari kitabnya yang berjudul Fadhail Asy-Syafii wa Manaqibuhu. Cek kitab Ma’rifatu As-Sunan wal Atsar (1/148).

  1. Ikhtilaf Al-Fuqaha karya Abu Yahya Zakariya bin Yahya As-Saji Al-Bashri (w. 307 H)

Ulama berbeda pendapat tentang penamaan kitab ini. Abu Ishak Asy-Syairazi menamainya dengan Ikhtilaf Al-Fuqaha. Ibnu An-Nadim menamainya dengan Al-Ikhtilaf Fi Al-Fiqh. Cek kitab Thabaqat Al-Fuqaha (104) dan Syadzarat Adz-Dzahab (2/251). Sedangkan Ibnu Hajar menamainya dengan Manaqib Asy-Syafii. Cek kitab Tawali At-Ta’sis (hal. 34, 55, dan 151). Semoga yang dimaksud Ibnu Hajar adalah bagian dari kitab Ikhtilaf Al-Fuqaha. Penamaan buku As-Saji dengan judul Ikhtilaf Al-Fuqaha diperkuat oleh As-Subki di dalam kitab Thabaqat As-Subki (3/300). Imam Nawawi juga menukilkan dari kitab Ikhtilaf Al-Fuqaha bahwa As-Saji mendahulukan penyebutan pendapat imam Syafii ketimbang yang lainnya. Cek kitab Al-Majmu’ (1/28). Ibnu Abdil Barr banyak menukil dari kitab As-Saji ketika menyebutkan biografi imam Syafii. Cek kitab Al-Intiqa’ (hal. 66 dan seterusnya).

  1. Rihlah Al-Imam Asy-Syafii Ila Al-Madinah Al-Munawwarah karya Abu Bakar Muhammad bin Al-Mundzir (w. 318 H)
  2. Adab Asy-Syafii wa Manaqibuhu karya Abdurrahman bin Abi Hatim Ar-Razi (w. 327 H)

As-Subki, Haji Khalifah, dan Ibnu Hajar menuturkan bahwa Ibnu Abi Hatim memiliki karya tulis yang berhubungan dengan biografi imam Syafii. Cek kitab Thabaqat Asy-Syafi’iyyah (1/185), Kasyfu Azh-Zhunun (2/1840), dan Tawali At-Ta’sis (26).

  1. Mihnatu Asy-Syafii karya Abu Ja’far bin Muhammad Al-Khaldi (w. 348 H)
  2. Manaqib Asy-Syafii karya Abu Al-Husain Muhammad bin Al-Husain bin Ibrahim As-Sijistani Al-Abari (w. 363 H)

Al-Isnawi dan As-Subki membenarkan bahwa Abu Al-Husain As-Sijistani memiliki kitab yang berjudul Manaqib Asy-Syafii. Cek kitab Thabaqat Asy-Syafiiyyah karya Al-Isnawi (1/81) dan karya As-Subki (1/185). As-Subki berkomentar dengan mengatakan bahwa kitab ini adalah salah satu kitab terbaik yang menjelaskan biografi imam Syafii. Totalnya ada 74 bab. As-Subki juga terkagum-kagum dengan isi kitab tersebut. Cek kitab Thabaqat Asy-Syafi’iyyah karya As-Subki (3/147,148).

  1. Fadhail Asy-Syafii karya Al-Hakim Abu Abdillah Muhammad bin Abdillah bin Al-Bai’ An-Naisaburi (w. 405 H)

Al-Isnawi mengatakan bahwa Al-Hakim adalah penulis kitab Al-Mustadrak, Tarikh Naisabur, Fadhail Asy-Syafii dan yang lainnya. Cek kitab Thabaqat Asy-Syafi’iyyah karya Al-Isnawi (1/406). As-Subki dan Haji Khalifah memuji kitab ini dengan menyebutnya sebagai kitab yang lengkap. Cek Kasyfu Azh-Zhunun (2/1840).

  1. Al-Wadhih An-Nafis Fi Manaqib Al-Imam Muhammad bin Idris karya Abu ‘Ali Al-Hasan bin Al-Husain bin Hukman Al-Ashbahani (w. 405 H)
  2. Fadhail Asy-Syafii karya Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad bin Syakir Al-Qaththan Al-Mishri (w. 407 H)
  3. Manaqib Asy-Syafii karya Abu Muhammad Ismail bin Ibrahim bin Muhammad bin Abdurrahman Al-Qurab (w. 414 H)

Buku ini terdiri atas 116 bab. Pembahasan pertama tentang nasab nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam karena imam Syafii berasal dari keturunan beliau. Pembahasan terakhir adalah empat puluh bab yang mengumpulkan empat puluh hadits tentang hukum yang diriwayatkan oleh imam Syafii. Kitab ini terdiri atas dua jilid. Empat puluh empat bab di jilid pertama dan tujuh puluh dua bab di jilid kedua. Cek kitab Thabaqat Asy-Syafi’iyyah (4/269, 270).

  1. Raudhatu Al-Muntaha karya Thahir bin Abdillah bin Thahir Ath-Thabari (w. 450 H)
  2. Manaqib Al-Imam Asy-Syafii wa Akhbarahu karya Abu Abdillah Muhammad bin Salamah bin Ja’far bin ‘Ali Al-Qadhi Al-Qadha’i (w. 454 H)
  3. Manaqib Asy-Syafii karya Abu Bakar Ahmad bin Al-Husain bin ‘Ali Al-Baihaqi (w. 458 H)

Al-Baihaqi juga menulis kitab yang semisal dengan judul Bayan Khata’ Man Akhtha-a ‘Ala Asy-Syafii (Penjelasan Tentang Kesalahan Orang Yang Menyalahkan Imam Syafii), Raddu Al-Intiqad ‘Ala Lafzhi Al-Imam Asy-Syafii, dan Bayanu Al-Ikhtilaf Al-Imam Abi Hanifah wa Al-Imam Asy-Syafii. Cek kitab Thabaqat karya As-Subki (1/185).

  1. Al-Kitab Al-Ladzi A’addahu Syafii Fi Manaqib Al-Imam Asy-Syafii karya Al-Hafizh Abu Abdillah Muhammad bin Muhammad bin Abi Zaid Al-Ashbahani alias Ibnu Al-Muqri
  2. Fadhail Asy-Syafii karya Abu Muhammad Abdullah bin Yusuf Al-Jurjani Al-Qadhi (w. 489 H)
  3. Wasail Al-Alma’i Fi Fadhail Asy-Syafii karya Abu Al-Hasan bin Abi Al-Qasim Al-Baihaqi (w. 565 H)
  4. Manaqib Al-Imam Asy-Syafii karya Abu Abdillah Muhammad bin Umar Fakhruddin Ar-Razi (w. 606 H)
  5. Hilyatu Asy-Syafii karya Abu ‘Amru ‘Utsman bin Ash-Shalah Asy-Syahrzuri (w. 643 H)
  6. Al-Wadhih An-Nafis Fi Manaqib Al-Imam Ibn Idris karya Al-Imam ‘Imaduddin Abu Al-Fida’ Ismail bin Umar alias Ibnu Katsir (w. 774 H)
  7. Manaqib Al-Imam Asy-Syafii karya Muhammad bin Muhammad bin Muhammad alias Ibnu Fahd Al-Makki Asy-Syafii (w. 826 H)
  8. Manaqib Al-Imam Asy-Syafii wa Ashhabihi karya Abu Bakar bin Ahmad bin Qadhi Syuhbah Ad-Dimasyqi (w. 851 H)
  9. Tawali At-Ta’sis Li Ma’ali Muhammad bin Idris karya Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Hajar Al-‘Atsqalani (w. 852 H)

Penulis memisahkan antara riwayat yang lemah dengan yang kuat dan membantah riwayat-riwayat yang palsu. Selain itu penulis juga menyebutkan pemilik asli dari setiap perkataan yang beliau nukilkan. Rujukan utama buku ini adalah kitab-kitab karya Ibnu Abi Hatim, As-Saji, Al-Baihaqi, Al-Fakhru Ar-Razi, Al-Abari, Al-Hakim An-Naisaburi, dan Al-Khatib Al-Baghdadi.

  1. Ad-Darru An-Nafis Fi Manaqib Al-Imam Muhammad bin Idris karya Umar bin Zaid Ar-Ra’ini atau Ad-Dar’ani
  2. Manaqib Al-Imam Asy-Syafii karya Abdurrauf Al-Munawi (w. 1031 H)
  3. Taju Al-Muluk An-Nafis bi Tarjamati Al-Imam Asy-Syafii Muhammad bin Idris karya Ismail bin Muhammad bin Abdul Hadi Al-‘Ajluni (w. 1162 H)

Demikianlah beberapa judul karya tulis yang membahas tentang biografi imam Syafii yang pernah ditulis oleh ulama-ulama terdahulu. Semoga bermanfaat. Catatan faedah ini berasal dari kitab Al-Qadim wa Al-Jadid Fi Fiqhi Asy-Syafii karya Dr. Lamin An-Naji (1/11-42)

Penulis :
Ustadz Muhammad Abu Rivai حفظه الله
(Kontributor Bimbinganislam.com)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS