Ucapan Salam Yang Diikuti Doa Lain

Ucapan Salam Yang Diikuti Doa Lain

Pertanyaan :

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Ana dapat ucapan dari teman,yang lafalnya kurang lebih begini “assalamualaikum, selamat pagi semoga rahmat Allah dan Rosul-Nya menyertai kita sepanjang hari”

mohon penjelasannya ustadz apakah dibolehkan perkataan tersebut

jazakumullaahu khoiron atas jawabannya

(Dari Ummu Farelin di Banyuwangi Anggota Grup WA Bimbingan Islam T05 G)

 

Jawaban :

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Ucapan salam dengan “assalamualaikum,selamat pagi semoga rahmat Allah dan Rosul-Nya menyertai kita sepanjang hari”, maka ucapan ini ada yang benar dan ada yang salah. Ucapan yang benar yaitu salam ini dimulai dengan assalamu’alaikum, sedangkan yang salah adalah doa setelahnya ada tambahan ucapan “dan rasul-Nya”. Ucapan tersebut tidak diperbolehkan, karena yang memberikan rahmat hanyalah Allah semata, sedangkan semua makhluk membutuhkan rahmat Allah. Maka ucapan yang benar dalam salam ini adalah: “assalamualaikum,selamat pagi semoga rahmat Allah menyertai kita sepanjang hari”.

Hendaknya mengucapkan salam dengan lafadz-lafadz yang diajarkan oleh Rasulullah, yaitu ucapan: Asslamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, assalamualaikum warahmatullah, atau dengan yang paling ringkas assalamu’alaikum. Dan tidak boleh menambah atau mengurangi lafadz tersebut, atau meggantikannya dengan ucapan lain seperti: selamat pagi, selamat siang, selamat malam. Yang dilarang dari ucapan-ucapan ini adalah ketika ucapan-ucapan ini menggantikan lafadz-lafadz salam yang sesuai sunnah. Adapun apabila seorang mengucapkan salam sesuai dengan sunnah dan menambahkan dengan doa-doa yang benar, maka yang demikian diperbolehkan. Wallau a’lam.

 

Konsultasi Bimbingan Islam

Ustadz Muhammad Romelan, Lc.

 

CATEGORIES
Share This

COMMENTS