Perhatikan Yang Lemah!

Perhatikan Yang Lemah!

Kaum fakir & miskin merupakan bagian dari kelompok yang lemah yang perlu diperhatikan dan dibantu kebutuhan serta keperluannya. Maka berikut tausiyah yang dapat disampaikan kepada umat untuk lebih memperhatikan yang lemah:

Perhatikan Yang Lemah!

Karena mereka pendukung kekuatan umat..!!

Banyak yang meremehkan keberadaan orang yang miskin dan lemah. Sehingga mereka terlantar dan tidak mendapatkan haknya yang semestinya. Islam melarang untuk meremehkan orang-orang yang lemah. Justru dari mereka Allah membukakan pertolongan dan anugerahnya kepada ummat ini.

Allah telah menciptakan manusia berbeda-beda kedudukan sosialnya. Ada yang menjadi pemimpin dan ada yang dipimpin. Ada yang ditakdirkan kaya, ada pula yang miskin. Bahkan ada yang menjadi budak sahaya dan ada yang merdeka. Semuanya dijadikan sebagai ujian bagi hamba-Nya. Sebagaimana firman-Nya:

وَجَعَلْنَا بَعْضَكُمْ لِبَعْضٍ فِتْنَةً أَتَصْبِرُونَ ۗ وَكَانَ رَبُّكَ بَصِيرًا

“Dan Kami jadikan sebagian kamu cobaan bagi sebagian yang lain, maukah kamu bersabar? Dan adalah Rabb kalian Maha Melihat.” (QS. Al-Furqan: 20)

Dan firman-Nya:

نَحْنُ قَسَمْنَا بَيْنَهُمْ مَعِيشَتَهُمْ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۚ وَرَفَعْنَا بَعْضَهُمْ فَوْقَ بَعْضٍ دَرَجَاتٍ لِيَتَّخِذَ بَعْضُهُمْ بَعْضًا سُخْرِيًّا ۗ وَرَحْمَتُ رَبِّكَ خَيْرٌ مِمَّا يَجْمَعُونَ

“Kami telah menentukan antara mereka penghidupan mereka dalam kehidupan dunia, dan Kami telah meninggikan sebagian mereka atas sebagian yang lain beberapa derajat, agar sebagian mereka dapat mempergunakan sebagian yang lain. Dan rahmat Rabbmu lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan.” (QS. Az-Zukhruf: 32)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إنما ينصر الله هذه اﻷمة بضعيفها؛ بدعوتهم وصلاتهم واخلاصهم

“Sesungguhnya Allah akan menolong ummat ini dengan orang yang lemah (diantara mereka); dengan doa-doa mereka, ibadah sholat mereka dan dengan keikhlasan nereka.” (HR. Al-Mundziry disahihkan Al-Albany dalam At-Targhib, 6).

Jika kita ingin mendapatkan pertolongan dari Allah diantara hal yang harus kita utamakan adalah menjaga hak-hak orang lemah. Memperhatikan dan membantu kepentingan dan urusan mereka.

Syaikh Al-Albany ketika menjelaskan hadits ini berkata: “Dan juga yang harus dipahami, bahwa pertolongan itu bukan semata karena dzat mereka. Karena pertolongan Allah itu juga mengharuskan bersihnya aqidah. Jika didalam diri mereka ada kesyirikan maka hal itu akan nenjadi penghalang utama pertolongan Allah dan juga menjadi penghalang kejayaan ummat.”

Ditulis Oleh:
Abu Yusuf Masruhin Sahal, Lc حفظه الله
(Kontributor Bimbinganislam.com)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS