Faedah Hadist

Fawaid Hadist #90 | Amalan – Amalan Yang Paling Utama

Fawaid Hadist #90 | Amalan – Amalan Yang Paling Utama

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan serial fawaid hadist, Fawaid Hadist #90 | Amalan – Amalan Yang Paling Utama. Selamat membaca.


عَنْ أَبِي ذَرٍّ جُنْدَبِ بْنِ جُنَادَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قُلْتُ: يَا رَسُوْلَ الله، أَيُّ الْأَعْمَالِ أَفْضَلُ ؟ قَالَ: « اْلإِيْمَانُ بِاللَّهِ، وَالْجِهَادُ فِي سَبِيْلِهِ » قُلْتُ: أَيُّ الرِّقَابِ أَفْضَلُ ؟ قَالَ: « أَنْفَسُهَا عِنْدَ أَهْلِهَا، وَأَكْثَرُهَا ثَمَنًا » قُلْتُ: فَإِنْ لَمْ أَفْعَلْ ؟ قَالَ: « تُعِيْنُ صَانِعًا أَوْ تَصْنَعُ لِأَخْرَقَ » قُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ أَرَأَيْتَ إِنْ ضَعُفْتُ عَنْ بَعْضِ الْعَمَلِ؟ قَالَ: « تَكُفُّ شَرَّكَ عَنِ النَّاسِ فَإِنَّهَا صَدَقَةٌ مِنْكَ عَلَى نَفْسِكَ »

Dari Abu Dzar Jundab bin Junadah radhiyallahu anhu, ia berkata, “Aku bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Amalan apakah yang paling utama?”

Rasul bersabda, “Beriman kepada Allah dan jihad fisabilillah.”

Aku bertanya, “Budak (hamba sahaya) seperti apakah yang paling utama untuk dimerdekakan?”

Rasul bersabda, “Budak yang paling dicintai oleh tuannya dan termahal harganya.”

Kemudian aku bertanya lagi, “Jika aku tidak mampu melakukannya?”

Rasul bersabda, “Engkau membantu orang yang fakir atau orang yang tidak mampu bekerja.”

Aku bertanya lagi, “Bagaimana jika aku tidak mampu untuk menunaikan sebagian pekerjaan?”

Rasul bersabda, “Engkau menahan diri untuk tidak berbuat kejahatan kepada sesama manusia, kerana sesungguhnya yang demikian itu merupakan sedekah darimu untuk dirimu sendiri.” (HR. Al-Bukhari, no. 2518, dan Muslim, no. 84).


Faedah Hadist

Hadist ini memberikan faedah-faedah berharga, di antaranya:

1. Semangatnya para sahabat dalam bertanya hal-hal terbaik yang bermanfaat bagi kehidupan di dunia ini guna tujuan akhirat, serta petunjuk berharga tentang bagaimana kesungguhan mereka berlomba-lomba dalam kebaikan dan kebajikan.

Baca Juga:  Fawaid Hadist #25 | Ikhlas Dan Bersabar Melepaskan Kepergian Orang Terkasih Dari Dunia

2. Puncak setiap urusan dalah beriman kepada Allah Ta’ala dan mentauhidkan-Nya.

3. Kemuliaan dan keutamaan berjuang di jalan Allah Ta’ala (jihad) untuk ketinggian agama islam dan menegakkan agama Allah Ta’ala di atas muka bumi.

4. Islam selalu mendorong agar setiap insan itu merdeka, dan bukan sebagai budak orang lain, maka memerdekakan budak adalah termasuk amalan terbaik dan sedekah termulia. Jadilah manusia yang merdeka dengan tunduk pada aturan Sang Pencipta.

5. Keutamaan membantu dan meringankan beban orang lain

[TS_Poll id="2"]

6. Menjaga diri agar tidak mengganggu dan menzalimi orang lain adalah termasuk amalan mulia dan jalan kebaikan yang dimulai dari diri sendiri.

7. Baiknya pengajaran Rasul kepada para sahabat dengan bersabar atas pertanyaan-pertanyaan mereka serta mengarahkannya pada hal yang paling bermanfaat.

8. Agama Islam membuka pintu-pintu kebaikan bagi para penganutnya dari berbagai macam sisi kehidupan, hal ini menunjukkan pada kesempurnaan ajarannya.

Wallahu Ta’ala A’lam.

Referensi Utama: Syarah Riyadhus Shalihin karya Syaikh Shalih al Utsaimin, & Kitab Bahjatun Naazhiriin Syarh Riyaadhish Shaalihiin karya Syaikh Salim bin ‘Ied Al Hilaliy.


Yuk dukung operasional & pengembangan dakwah Bimbingan Islam, bagikan juga faedah hadist ini kepada kerabat dan teman-teman.

Demi Allah, jika Allah memberi hidayah kepada satu orang dengan sebab perantara dirimu, hal itu lebih baik bagimu daripada unta-unta merah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

*unta merah adalah harta yang paling istimewa di kalangan orang Arab kala itu (di masa Nabi ).

Akademi Shalihah Menjadi Sebaik-baik Perhiasan Dunia Ads

Ustadz Fadly Gugul, S.Ag

Beliau adalah Alumni S1 STDI Imam Syafi’I Jember Ilmu Hadits 2012 – 2016 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Takhosus Ilmi di PP Al-Furqon Gresik Jawa Timur | Beliau juga pernah mengikuti Pengabdian santri selama satu tahun di kantor utama ICBB Yogyakarta (sebagai guru praktek tingkat SMP & SMA) | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Dakwah masyarakat (kajian kitab), Kajian tematik offline & Khotib Jum’at

Related Articles

Back to top button