Apakah Basmallah Merupakan Ayat Pertama Surat Al Fatihah?

Apakah Basmallah Merupakan Ayat Pertama Surat Al Fatihah?

Pertanyaan

السلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته

Apakah Bismillahir Rahmanir Rahimi merupakan ayat pertama dalam Surat Al Fatihah?

Ditanyakan oleh Sahabat BiAS N05

Jawaban :

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Ada perselisihan di kalangan para ulama akan hal ini. Namun pendapat yang rajih bahwa basmallah ini merupakan ayat Al-Qur’an yang tersendiri dan ia BUKAN bagian dari surat Al-Fatihah bukan pula bagian dari surat yang lain.

Dalam masalah ini para ulama berbeda pendapat. Ada yang berpendapat bahwa basmalah termasuk ayat dalam surat Al-Fatihah, harus dibaca jahr (dikeraskan bacaannya) dalam shalat dan berpendapat tidak sah shalat tanpa membaca basmalah, sebab masih termasuk dalam surat Al-Fatihah.

Sebagian ulama lain berpendapat, basmalah tidak termasuk dalam surat Al-Fatihah. Namun ayat yang berdiri sendiri dalam Al-Qur’an.

Inilah pendapat yang benar. Pendapat ini berdasarkan nash dan rangkaian ayat dalam surat ini.

Adapun dasar di dalam nash, telah diriwayatkan dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman.

“Artinya : Aku membagi shalat (yakni surat Al-Fatihah) menjadi dua bagian, separuh untuk-Ku dan separuh untuk hamba-Ku. Apabila ia membaca : “Segala puji bagi Allah”. Maka Allah menjawab : “Hamba-Ku telah memuji-Ku”. Apabila ia membaca : “Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”. Maka Allah menjawab: “Hamba-Ku telah menyanjung-Ku”. Apabila ia membaca : “Penguasa hari pembalasan”. Maka Allah menjawab : “Hamba-Ku telah mengagungkan-Ku”. Apabila ia membaca : “ Hanya Engkaulah yang kami sembah dan hanya kepada Engkaulah kami memohon pertolongan”. Maka Allah menjawab : “Ini separoh untuk-Ku dan separoh untuk hamba-Ku”. Apabila ia membaca : “Tunjukilah kami kepada jalan yang lurus”. Maka Allah menjawab : “Ini untuk hamba-Ku, akan Aku kabulkan apa yang ia minta” (HR Muslim : 38 & 395).

Ini semacam penegasan bahwa basmalah BUKAN termasuk dalam surat Al-Fatihah. Dalam kitab Ash-Shahih diriwayatkan dari Anas bin Malik Radhiyalahu ‘anhu, ia berkata : “Aku pernah shalat malam bermakmum di belakang Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, Abu Bakar, Umar dan Utsman Radhiyallahu ‘anhum. Mereka semua membuka shalat dengan membaca : “Alhamdulillaahi Rabbil ‘Aalamin” dan tidak membaca ; ‘Bismillaahirrahmaanirrahiim” di awal bacaan maupun di akhirnya.

Maksudnya mereka tidak mengeraskan bacaannya. Membedakan antara basmalah dengan hamdalah dalam hal dikeraskan dan tidaknya menunjukkan bahwa basmalah tidak termasuk dalam surat Al-Fatihah.

[Disalin dari kitab Tafsir Juz ‘Amma, edisi Indonesia Tafsir Juz ‘Amma, penulis Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin, penerjemah Abu Ihsan Al-Atsari, penerbit At-Tibyan – Solo]

Syaikh Shalih bin Abdillah bin Fauzan Al-Fauzan juga menyatakan :

القول الراجح أن البسملة أية من القرآن مستقلة ليست من الفاتحة وغيرها وإنما يؤتى بها في فواتح الصور إلا ما جاءت في أثناء الصورة مثل إنه من سليمان وإنه باسم الله الرحمن الرحيم وإلا فهي في فواتح الصورة ما عدا صورة البراءة

“Pendapat yang rajih bahwa basmallah merupakan satu ayat dari Al-Qur’an yang mandiri dan bukan merupakan bagian dari Al-Fatihah atau surat lainnya. Dan ia dibaca di awal-awal surat kecuali yang datang di pertengahan surat seperti firman Allah ta’ala ; ‘Sesungguhnya ia dari Sulaiman dan sesungguhnya ia dimulai dengan Bismillahirrahmanirrahim’. Jika tidak maka ia dibaca di awal surat kecuali surat surat Al-Bara’ah/At-Taubah”.

Sumber Fatwa : https://www.youtube.com/watch?v=M6N1ruE-GTA

Konsultasi Bimbingan Islam

Ustadz Abul Aswad Al Bayati

CATEGORIES
Share This

COMMENTS