Mengeraskan Bacaan Al-Qur’an Saat Sholat Tahajud

Mengeraskan Bacaan Al-Qur’an Saat Sholat Tahajud

Mengeraskan Bacaan Al-Qur’an Saat Sholat Tahajud

Pertanyaan :

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ 

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُه

Ustaz, apakah boleh kita mengeraskan bacaan Al fatihah dan bacaan ayat Al-Quran ketika solat tahajud (Qiyamullail) pada saat solat sendirian dengan tujuan supaya lebih khusyu, dan menghayati bacaan Al-Quran kita?
Jazakallaahu khairan

(Disampaikan Fulan, Sahabat BiAS)


Jawaban :

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

بِسْـمِ اللّهِ

Alhamdulillah, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah, wash shalaatu was salaamu ‘alaa rasulillaah, Amma ba’du.

Imam Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz menyatakan :

السنة في صلاة الليل الجهر بالقراءة سواء كان المصلي يصلي وحده أو معه غيره، فإذا كانت زوجته أو غيرها من النساء يصلين معه فإنهن يصلين خلفه ولو كانت واحدة، أما إن كان يصلي وحده فهو مخير بين الجهر والإسرار، والمشروع له أن يفعل ما هو أصلح لقلبه، وقد سئلت عائشة رضي الله عنها عن ذلك فقالت:
كان النبي ﷺ في صلاة الليل ربما جهر وربما أسر[1] وثبت عنه ﷺ من حديث حذيفة وغيره: أنه ﷺ كان يجهر بالقراءة في صلاة الليل ويقف عند آية الرحمة فيسأل وعند آية الوعيد فيتعوذ وعند آية التسبيح فيسبح[2] والمعنى عند ذكر الآيات التي فيها أسماء الله وصفاته فيسبح الله سبحانه، وقد قال الله عز وجل:
لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ [الأحزاب: 21] وقال عليه الصلاة والسلام: صلوا كما رأيتموني أصلي[3] أخرجه البخاري في صحيحه

فدلت هذه الأحاديث على أن الجهر بالقراءة في صلاة الليل أفضل، ولأن ذلك أخشع للقلب وأنفع للمستمعين إلا أن يكون حوله مرضى أو نوام أو مصلون أو قراء، فالأفضل خفض الصوت على وجه لا يترتب عليه إشغال المصلين والقراء، وإيقاظ النائمين، وإزعاج المرضى. وإن أسر في بعض صلاة الليل إذا كان وحده فلا حرج لحديث عائشة المذكور
ولأن ذلك قد يكون أخشع لقلبه وأرفق به في بعض الأوقات
والله ولي التوفيق[4]

“Yang sunnah itu mengeraskan bacaan tatkala sholat malam / tahajud sama saja apakah orang yang sholat itu sendirian atau bersama orang lain. Apabila istrinya atau orang lain sholat bersama dia, maka mereka (para wanita) sholat di belakang dia meskipun dia sendirian (di depan).

Adapun jika seseorang sholat sendirian maka ia boleh memilih untuk mengeraskan bacaan atau melirihkannya. Yang disyariatkan ia hendaknya melakukan apa yang terbaik bagi kekhusyukan hatinya. Aisyah radhiyallahu anha pernah ditanya tentang hal ini beliau berkata :

Adalah Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam di dalam sholat malamnya terkadang mengeraskan bacaan terkadang melirihkan.
(HR Ahmad : 3682, Tirmidzi : 449).

Telah tasbit juga dari beliau melalui hadits Hudzaifah dan yang lainnya bahwasanya beliau mengeraskan bacaan di dalam sholat malam dan berhenti pada ayat rahmat kemudian berdoa (meminta rahmat). Dan berhenti pada ayat ancaman lantas beliau meminta perlindungan, dan berhenti pada ayat tasbih lantas beliau bertasbih.
(HR Ahmad : 22750, Muslim : 772).

Maknanya pada ayat yang ada penyebutan Allah serta sifat-sifat-Nya beliau bertasbih mensucikan Allah. Dan Allah ta’ala telah berfirman : Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu.
(QS Al-Ahzab : 21).

Dan Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda : sholatlah kalian sebagaimana kalian melihat aku sholat !.
(HR Bukhari : 631).

Hadits-hadits ini menunjukkan bahwa mengeraskan bacaan tatkala sholat malam / tahajud itu lebih utama. Dan hal itu lebih kusyuk di hati, serta lebih bermanfaat bagi orang yang mendengarkannya. Kecuali jika di sekitarnya ada orang tidur, atau ada orang sholat, atau orang yang sedang membaca Al-Qur’an. Maka yang lebih utama ketika itu untuk melirihkan bacaan agar tidak mengganggu orang lain yang sedang sholat, atau sedang membaca Al-Qur’an atau membangunkan orang yang sedang tidur atau agar tidak mengganggu orang yang sedang sakit.

Jika seseorang melirihkan bacaannya di sebagian sholat malamnya tatkala maka tidak mengapa, berdasarkan hadits Aisyah yang telah disebutkan. Dan terkadang itu membuat hatinya lebih khusyuk, serta lebih nyaman pada beberapa kondisi. Dan Allah lah yang memberikan taufiq.”
(Majmu’ Fatawa Syaikh Bin Baz : 11/123).

 

Wallahu a’lam
Wabillahit taufiq

Dijawab dengan ringkas oleh :
Ustadz Abul Aswad Al Bayati, حفظه الله تعالى
Kamis, 28 Dzulhijjah 1440 H / 29 Agustus 2019 M



Ustadz Abul Aswad Al-Bayati, BA.
Dewan konsultasi Bimbingan Islam (BIAS), alumni MEDIU, dai asal klaten
Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Abul Aswad Al-Bayati حفظه الله 
klik disini

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )