Home Konsultasi Aqidah Malaikat Zabaniyah, Siapa Mereka?

Malaikat Zabaniyah, Siapa Mereka?

Malaikat Zabaniyah, Siapa Mereka?
Malaikat adalah makhluk yang selalu taat dan patuh kepada Allah ta’ala. Berikut adalah artikel tentang malaikat zabaniyah, siapa mereka?

Malaikat Zabaniyah, Siapa Mereka?

Malaikat adalah makhluk yang selalu taat dan patuh kepada Allah ta’ala. Berikut adalah artikel tentang malaikat zabaniyah, siapa mereka?

Alhamdulillah was-shalatu was-salamu ‘ala Rasulillah wa ‘ala aalihi wa shohbihi wa man waalah, wa ba’du.

Tentu kita sudah mengetahui bahwa syarat menjadi orang yang beriman adalah dengan mengimani 6 rukun iman yang disebutkan Rasulullah ﷺ dalam hadits tatkala beliau ditanya arti iman, beliau ﷺ menjawab,

أنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ، ومَلائِكَتِهِ، وكُتُبِهِ، ورُسُلِهِ، واليَوْمِ الآخِرِ، وتُؤْمِنَ بِالقَدَرِ خَيْرِهِ وشَرِّهِ

“Beriman kepada Allah, malaikat-Nya, Kitab-kitabNya, Rasul-rasulNya, hari akhir, dan beriman kepada segala bentuk takdir baik maupun buruk.” (HR. Muslim, no. 8).

Beriman Kepada Malaikat Allah 

Seorang muslim tidak akan dikatakan beriman kecuali jika ia mengimani 6 rukun iman di atas, dan salah satunya adalah beriman kepada malaikat Allah.

Seorang muslim dikatakan telah beriman kepada malaikat Allah, tatkala dirinya mengakui dan membenarkan bahwa para malaikat adalah makhluk Allah, yang mana salah satu dari mereka ditugaskan menyampaikan wahyu Allah kepada para nabi. (lihat penjelasan Syaikh Shalih ‘Ushaimy dalam hal ini:

https://www.youtube.com/watch?v=lRlmMTCZkgA).

Itu adalah kadar minimal bagi seorang muslim untuk bisa dikatakan beriman kepada malaikat, adapun selain itu merupakan keutamaan yang diberikan kepada orang yang mau mempelajari masalah ini lebih lanjut. Jika dia membaca Al-Qur’an atau hadits nabi ﷺ, lalu ia menemukan nama malaikat lain yang Allah tugaskan dalam hal tertentu, maka dia wajib mengimani kabar dari Al-Qur’an maupun sunnah tersebut.

Di antara malaikat yang Allah sebutkan dalam Al-Quran adalah Malaikat Zabaniyyah, Allah berfirman,

فَلۡيَدۡعُ نَادِيَهُۥ ١٧ سَنَدۡعُ ٱلزَّبَانِيَةَ ١٨

Baca Juga:  Kuliner Darah

“Maka biarlah dia (Abu jahl)) memanggil golongannya (untuk menolongnya). kelak Kami akan memanggil malaikat Zabaniyah.” (QS. Al-‘Alaq: 17-18).

Para ahli tafsir semisal Mujahid, Qatadah dan Dhahak berkata,

“Zabaniyyah adalah malaikat. Abul Hudzail berkata: Zabaniyah itu kaki mereka berpijak dibumi sedangkan kepala mereka di langit.” (Lihat Tafsir ThabarI dalam tafsir Al-’Alaq).

Lalu, Siapakah Malaikat Zabaniyyah? Apa Saja Tugasnya?

Zabaniyyah diambil dari akta zabn (زبن) yang berarti (دفع) yaitu mendorong. Kenapa para malaikat tersebut dinamakan zabaniyyah? Para ulama menjelaskan karena mereka mendorong para penghuni neraka masuk ke dalam neraka. (Lisanul ‘Arab : 13/194).

Dari penjelasan di atas kita tahu malaikat zabaniyah adalah para malaikat yang ditugaskan untuk mengurus dan menyeret para penghuni neraka masuk ke dalam neraka. Qatadah berkata,

“Zabaniyyah berarti penjaga. ‘Atha berkata: mereka adalah malaikat yang kasar lagi keras. Muaqtil berkata : zabaniyyah adalah penjaga neraka Jahanam.” (Zaadul Masiir Fi ‘Ilmi Tafsir karya ibnul Jauzy: 4/468).

Sifat Malaikat Zabaniyah 

Di antara sifat-sifat malaikat zabaniyah, yang Allah sebutkan dalam Al-Quran adalah kasar, keras, patuh kepada Allah, dan tidak pernah melanggar apa yang Allah perintahkan. Allah berfirman,

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ قُوٓاْ أَنفُسَكُمۡ وَأَهۡلِيكُمۡ نَارٗا وَقُودُهَا ٱلنَّاسُ وَٱلۡحِجَارَةُ عَلَيۡهَا مَلَٰٓئِكَةٌ غِلَاظٞ شِدَادٞ لَّا يَعۡصُونَ ٱللَّهَ مَآ أَمَرَهُمۡ وَيَفۡعَلُونَ مَا يُؤۡمَرُونَ ٦

Baca Juga:  Doa Anak Untuk Orang Tua Beda Agama, Apakah Dikabulkan?

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS. At-tahrim: 6).

Semoga Allah melindungi kita semua dari kerasnya penjaga neraka Jahannam.

Allahul muwaffiq.

Disusun oleh :

Ustadz Muhammad Ihsan حفظه الله

Selasa, 1 Ramadhan 1442 H / 13 April 2021 M

Ustadz Muhammad Ihsan حفظه الله تعالى

Beliau adalah Alumni STDI Imam Syafi’i Jember (ilmu hadits), Dewan konsultasi Bimbingan Islam

Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Muhammad Ihsan حفظه الله تعالى klik disini

Baca Juga:  Hukum Berkurban Dengan Menggunakan Harta Haram