Faedah Hadist

Fawaid Hadist #167 | Ciri – Ciri Kemunafikan Amal

Pendaftaran Grup WA Madeenah

Fawaid Hadist #167 | Ciri – Ciri Kemunafikan Amal

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan serial fawaid hadist, Fawaid Hadist #167 | Ciri Kemunafikan Amal. Selamat membaca.


[div class=fawaid-hadis]

عَنْ أَبِي هُريْرةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: « آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلاَثٌ: إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ، وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَف، وَإذَا اؤْتُمِنِ خَانَ » مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Tanda orang munafik ada tiga, yaitu jika ia berbicara ia berdusta, jika ia berjanji ia mengingkari, dan jika ia diberi amanat ia berkhianat.”

Dalam riwayat lain “Sekalipun orang itu berpuasa dan shalat dan mengaku bahawa dirinya adalah seorang Muslim.”
(HR. Al-Bukhari, no. 33, 2682 dan Muslim, no. 59).

[/div]

Faedah Hadist

Hadist ini memberikan faedah – faedah berharga, di antaranya;

  1. Pelajaran bahwa yang dimaksud dengan munafik disini adalah orang yang merahasiakan keburukan dan menampakkan kebaikan. Dalam hadis ini nifak yang dimaksud adalah kemunafikan amal dan bukan keyakinan. Kalau nifak keyakinan adalah mereka yang menyembunyikan kekafirannya dan menampakkan keislamannya secara zahir. Batinnya menyelisihi lahiriahnya, tempat masuknya menyelisihi tempat keluarnya.
  2. Nifak itu ada dua macam, yaitu nifak kecil dan nifak besar. Nifak kecil ialah berperilaku sebagaimana perilaku orang-orang munafik, seperti yang tersebut dalam hadits di atas, dengan tetap ada iman dalam hati. Nifak jenis ini tidak menyebabkan pelakunya keluar dari agama, namun termasuk sarana menuju kekufuran. Jika perilaku-perilaku tersebut terus-menerus ia lakukan, tidak menutup kemungkinan ia akan terjerembab dalam kemunafikan besar atau nifaq keyakinan.
  3. Nifak atau pelakunya disebut munafik merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Jika tidak ditangani sesegera mungkin akan mengakibatkan penderitanya binasa. Penyakit ini adalah penyakit yang amat menjijikkan dan mengakibatkan penyimpangan yang amat buruk.
  4. Kemunafikan itu muncul pada masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam setelah perang Badar, ketika banyak para pemimpin Quraisy yang terbunuh di perang Badar, sehingga kemenangan ada di pihak orang Islam, nampaklah kemunafikan, orang-orang munafik ini menampakkan dirinya bahwa ia adalah muslim, padahal sebenarnya mereka itu kafir alias menyembunyikan kakafirannya dalam dada.
  5. Orang-orang munafik memiliki tanda-tanda yang akan diketahui oleh orang yang diberikan firasat dan cahaya di dalam hati oleh Allah Ta’ala, orang munafik diketahui oleh orang yang mengikuti gerak-geriknya. Juga dalam banyak hal terdapat tanda-tanda yang jelas dan tidak perlu menggunakan firasat, di antaranya, adalah tiga sifat yang telah dijelaskan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadis ini.
  6. Pelajaran dalam hadist “Jika ia berbicara ia berdusta…” misalnya ia mengucapkan, “Fulan melakukan ini dan itu,” namun jika anda perhatian ternyata ia berdusta, kerana Fulan ini tidaklah melakukan apa-apa. Jika anda ketahui bahwa orang itu berdusta, maka ketahuilah bahwa dalam hatinya terdapat cabang kemunafikan.
  7. Dalam hadis “…Jika ia berjanji ia mengingkari…” dia berjanji kepadamu namun berkhianat, misalnya ia berkata, “Saya akan datang ke rumahmu pada jam tujuh pagi,” tapi ternyata ia tidak datang, atau ia mengatakan, “Saya akan datang ke rumahmu besok setelah Zhuhur,” namun ia tidak datang juga. Ia berkata, “Saya akan berikan kamu ini dan itu,” tapi ia tidak memberikanmu apa-apa. Dia inilah sebagaimana yang dikatakan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “…Jika ia berjanji ia mengingkari…” Adapun orang mukmin jika ia berjanji, maka ia akan menepatinya.
  8. Dalam hadis “…Jika ia beri amanat ia berkhianat…”. Orang munafik jika kamu mengamatinya untuk menjaga harta, maka ia akan mengkhianatinya. Jika ia diberikan amanat untuk menjaga rahasia di antaramu, maka ia pun akan khianat. Jika diberikan amanat pada keluargamu ia juga khianat, jika diberikan amanat dalam hal jual-beli ia berkhianat kepadamu, sebagaimana jika kamu berikan ia amanat untuk menjaga sesuatu ia juga khianat padamu. Na’udzu Billah. Hal ini menunjukkan bahwa di dalam hatinya terdapat cabang dari cabang-cabang kemunafikan.

Wallahu Ta’ala A’lam.

Referensi Utama: Syarah Riyadhus Shalihin karya Syaikh Shalih al Utsaimin, & Kitab Bahjatun Naazhiriin Syarh Riyaadhish Shaalihiin karya Syaikh Salim bin ‘Ied Al Hilaliy.


[div class=fawaid-hadis]

Yuk dukung operasional & pengembangan dakwah Bimbingan Islam, bagikan juga faedah hadist ini kepada kerabat dan teman-teman.

Demi Allah, jika Allah memberi hidayah kepada satu orang dengan sebab perantara dirimu, hal itu lebih baik bagimu daripada unta-unta merah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

*unta merah adalah harta yang paling istimewa di kalangan orang Arab kala itu (di masa Nabiﷺ).

[/div]

Ustadz Fadly Gugul, S.Ag

Beliau adalah Alumni S1 STDI Imam Syafi’I Jember Ilmu Hadits 2012 – 2016 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Takhosus Ilmi di PP Al-Furqon Gresik Jawa Timur | Beliau juga pernah mengikuti Pengabdian santri selama satu tahun di kantor utama ICBB Yogyakarta (sebagai guru praktek tingkat SMP & SMA) | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Dakwah masyarakat (kajian kitab), Kajian tematik offline & Khotib Jum’at

Related Articles

Back to top button