FiqihIbadah

Bagaimana Hukum Membaca Al-Qur’an Di Dalam Hati?

Bagaimana Hukum Membaca Al-Qur’an Di Dalam Hati?

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan bagaimana hukum membaca al-qur’an di dalam hati. Selamat membaca.


Pertanyaan:

Assalamualaikum ustadz, maaf sebelumnya saya mau bertanya bagaimana hukumnya atau boleh apa tidak membaca Al-Qur’an dalam hati, terutama di tempat umum atau ramai? Terima kasih.

(Ditanyakan oleh Santri Akademi Shalihah)


Jawaban:

Wa’alaikumussalam Warahmatullah Wabarakatuh

Membaca Al Qur’an dalam hati, mudah-mudahan mendapat pahala niat amal shaleh, hanya saja membaca Al Qur’an itu perlu dilafalkan huruf-huruf hijaiyahnya dan inilah pahala sempurnanya.

Dalam sebuah hadis dari sahabat mulia Abdullah bin mas’ud radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Baca Juga:  Sahur Saat Sudah Terdengar Adzan Di Masjid Komplek Lain

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

“Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469).

Wallahu Ta’ala A’lam.

Baca selengkapnya: Keutamaan Membaca Al-Quran

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Fadly Gugul S.Ag.
حفظه الله
Kamis, 25 Dzulqo’dah 1443 H/ 24 Juni 2022 M


Ustadz Fadly Gugul S.Ag. حفظه الله
Beliau adalah Alumni STDI Imam Syafi’i Jember (ilmu hadits), Dewan konsultasi Bimbingan Islam

Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Fadly Gugul حفظه الله تعالى klik disini

Ustadz Fadly Gugul, S.Ag

Beliau adalah Alumni S1 STDI Imam Syafi’I Jember Ilmu Hadits 2012 – 2016 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Takhosus Ilmi di PP Al-Furqon Gresik Jawa Timur | Beliau juga pernah mengikuti Pengabdian santri selama satu tahun di kantor utama ICBB Yogyakarta (sebagai guru praktek tingkat SMP & SMA) | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Dakwah masyarakat (kajian kitab), Kajian tematik offline & Khotib Jum’at

Related Articles

Back to top button